Powered By Blogger

Welcome...

Thanks for coming...

Rabu, 04 Maret 2009

My Memories

In Memories...

Special Moment at Kota Bangun

Rabu, 5 Juni 2007

With all my family, we were gone to Kota Bangun for refreshing and enjoy the holiday.

Pagi-pagi banget, kami udah siap-siap untuk berangkat ke KB (Kota Bangun). Walaupun waktu itu lagi musim banjir, tapi semangat kami tetap membara. Lagi pula, daerahnya di sekitar gunung, kemungkinan banjir tidak ada dan tidak akan mengganggu aktivitas kami.

Jam 4 subuh, semua bangun dari tidur dan nyiapin bekal. Mama, aku and kakakku (my sister sengaja pulang dari Samarinda dan mencari waktu luangnya untuk moment ini) menyiapkan bahan-bahan dapur. Dari makanan seperti nasi, cemilan yang udah dibeli malam hari, lauk pauk, mie instant, dll. Tak lupa air minum, lauk pauk, juga perlengkapan masak yang diperlukan (wajan penggorengan, panci, sendok penggorengan, dll).

Kalau Papa lain lagi, yang disiapi adalah peralatan untuk mancing. Kami sengaja mencari daerah yang ada danaunya dan bisa bipakai untuk mancing. Tempat itu sih sudah beberapa kali Papa datangi untuk mancing bareng teman-temannya. So, Papa udah familiar dan tahu kondisi di sana cocok untuk kami camping. ^_^

Kalau kakak sepupuku dan istrinya siap-siap di rumahnya sendiri, tak jauh dari rumah kami, paling berjarak ½ kilo. Bisa ditempuh dengan jalan kaki. Mereka khusus bertugas bawa kopor Hook yang biasa mereka pakai sehari-sehari. Kenapa? Karena di rumahku pakai kompor gas, gak mungkin kan di bawa jalan…

Pekerjaan Papa di Pasar as an electronic repairer, carteran & angkutan barang serta toko Digital Photo Box di depan rumah, hari itu diliburkan. This is special day for family.

Persiapan selesai, jam 7 lewat kami berangkat. Singgah dulu di Pasar Tangga Arung untuk beli bahan yang kurang, like vegetables and kue basah buat sarapan di jalan. Kami pergi dengan Pick up dan rame-rame duduk di bak belakang. Pastinya Papa di depan buat nyupir. Maunya sie ikutan di belakang juga. Tapi, ntar malah gak nyampe-nyampe ke KB donk…^_^

Sampai di lokasi, ngobrol dulu sama si empunya tanah, we call him “Kai” (panggilan lain untuk Kakek). Kami duduk-duduk di warung yang berdiri beberapa meter dari depan rumahnya. Minum teh, makan kacang mente, mmmm….uenak !!!

Abis itu, baru kami mendirikan tenda.

Ayo…gotong royong!

Buka terpalnya! Bentangkan!

Cari kayu!

Yang ini dikaitkan di pohon, satunya tancapkan di sana!

Buat pasak!

Jangan lupa diikat ya, yang kencang!

Kakak sepupuku, kk Yadi, mantan anak pramuka, tau banget gimana caranya dirikan tenda. Dia yang jadi koordinator pendirian tenda. Kami jadi anggotanya saja. Kalo koordinator pencarian ikan, itu diserahin sama Papa. Kk Yadi jadi assistant saja. Nah, untuk Mama, jadi koordinator konsumsi, bagian masak-memasak diserahin pada sang ahlinya. Sisanya ya jadi anggota buat bantu-bantu.

Sebelum kaum adam memancing, kaum hawa sibuk di dapur darurat menyiapkan makan pagi (lho…! Tadi kan udah sarapan?? Iya, tapi tadi kan belum makan nasi. Orang Indo kalo belum makan nasi, asanya kurang afdhol, lagi pula lapar, 3 jam diperjalanan Tenggarong-Kota Bangun). Makan nasi panas dengan dadar telur-tahu.

Nah, sudah kenyang…Baru Papa n kk Yadi pergi mancing. Yang banyak ya cari ikannya!!!

Sementara itu, kami berempat istirahat di dalam tenda. Tidur-tiduran, dengerin radio, makan-makan cemilan, ceritaan, dll. Capek? Ngantuk? Ya, tiduran deh…

Tengah hari, kami masak-masak lagi buat makan siang. Bakar terong dan ikan asin. It’s the best menu for have lunch…Apalagi waktu camping gini… The most delicious deh…

Abis makan siang, Papa & kk yadi mancing lagi dan lebih jauh. Kalo tadi cuman di sekitar pinggir danau, sekarang masuk ke bagian tengah danau pakai Jukung (ketinting/ces/perahu kecil). Jukungnya pinjam punya Kai yang warungan di depan.

Jam 5 sore baru pada balik ke tenda. Sedang kami yang kaum hawa, duduk-duduk sambil makan cemilan di tenda dan bawah pohon dekat sumur. O ya, air bersih kami dapatkan dari sumur itu, airnya bersih kayak air ledeng.

Baru deh kami siap-siap buat pulang lagi ke Tenggarong. Tenda di rubuhkan, terpal di lipat. Alat-alat makan di masukin lagi ke wadahnya. Sampah-sampah dikumpulkan dan di bakar. Selesai semua, pamit sama Kai & go home…(200707.1135am)

Tidak ada komentar: